Teologi Islam Aliran dan Ajarannya

Pengarang: Prof. Dr. H. Sirajuddin Zar, MA
Penerbit: IAIN IB Press, Padang
Cetakan: Oktober 2003
Ukuran: 110 Halaman
Sinopsis:
klik untuk melihat foto Prof. Dr. H. Sirajuddin Zar memaparkan dari bahwa teologi Islam, sebagai disiplin ilmu keislaman yang berdiri sendiri, mambahas aspek yang asasi atau ajaran-ajaran dasar Islam. Yaitu soal ketuhanan dengan memakai akal dan naqal.

Teologi Islam adalah ilmu yang membahas masalah ketuhan dalam Islam atau lebih spesifik disebut ilmu kalam. Sebab dinamakan ilmu ini dengan ilmu kalam karena masalah yang paling menonjol menjadi polemik pada abat kesembilan dan kesepuluh masehi adalah kalam Allah (al-Qur’an) sebagai salah satu sifatnya, apakah kadim atau hadis. Peristiwa ini disebut mihnah atau ujian keyakinan. Berkembang pemikiran liberalisme Islam atau kebebasan berfikir yang disponsori oleh paham Mu’tazilah.

Lahirnya berbagai corak pemikiran teologi dalam Islam tidak terlepas dari peristiwa tahkim (rekonsiliasi) antara Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyah bin Abi Sufyan. Ketidakpuasan terhadap keputusan tahkim telah melahirkan pemikiran yang berbeda-beda. Sehingga lahirlah paham Khawarij, Murji’ah, Qadariyah, Jabariyah, Mu’tazilah, Al-Asy’ariyah) dan Maturidiyah (ahlussunnah), maupun aliran-aliran lainnya.

Inilah titik fokus yang dijabarkan dalam buku ini. Yaitu penjelasan tentang sebab-sebab lahirnya aliran atau sejarah timbulnya, ajaran, sekte dalam aliran, tokoh pendiri, peranan dan pengaruh dan perkembangannya.

Buku ini sangat cocok untuk dipelajari dalam mengetahui perlembangan corak pemikiran para tokoh

0 comments:

Post a Comment