Filsafat dan Obyeknya 3

Oleh: Sirajuddin Zar
kemudian, orang Arab memindahkan kata yunani philosphia ke dalam bahasa Arab menjadi falsafa. hal ini sesuai dengan tabiat susunan kata-kata Arab dengan pola fa'lal, fa'lalah danfi'lal. karena itu, kata benda dari kata kerja flasafa seharusnya falsafah dan filsafat. dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata ini terpakai dengansebutan filsafat.
para penulis sejara filsafat berasumsi bahwa orang yang pertama menggunakan kata filsafat adalah Phythagoras(w.497SM). kata ini digunakannya sebagai reaksi terhadap orang yang menamakan dirinya ahli pengetahuan. manusia, menurutnya, tidak akan mampu mencapai pengetahuan secara keseluruhan walaupun akan menghabiskan semuaumurnya. oleh sbeba itu, yang pantas bagimanusia ialah pecinta pengetahuan (filosof), sehingga terkenal ungkapan,"saya tidaklah ahli pengetahuan, karena ahli pengetahuan itu khusus bagi Tuhan saja. saya adalah filosof, yakni pecinta ilmu pengetahuan."
akan tetapi, kata filsafat populer pemakaiannyasejak masa sekolah sokrates dan Plato. namun yang pasti, kata filsafat ini telah ada sejak masa filosof Yunani.
dalam buku-buku atau referensi ditemukan pelbagai definisi filsafat. keragaman definisi ini menandakan luasnya lingkungan bahsan filsafat. namun, pada prinsipnya dalam keragaman tersebut terdapat keseragaman tujuan. oleh karena itu, secar simpel dapat dikatakan, filsafat adalah hasil proses berfikir rasional dalam mencari hakikat sesuatu secara sistematis, menyeluruh (universal), dan mendasar (radikal). (bersabung)

0 comments:

Post a Comment