Prof Dr H Sirajuddin Zar MA Terpilih

Prof Dr H Sirajuddin Zar MA mendapatkan suara terbanyak dalam acara pemilihan ulang rektor IAIN Imam Bonjol (IAIN IB) Padang. Acara pemilihan ini dilaksanakan di ruang rapat senat lantai II Gedung Rektorat IAIN IB Padang, Kamis (02/11).

Pemilihan ulang ini diputuskan dalam rapat senat yang dilakukan tanggal 19 Oktober 2006 yang lalu. Pemilihan ulang rektor IAIN IB Padang ini dijadwalkan tanggal 2 November 2006. Pemilihan yang dipimpin oleh Pengganti Sementara (Pgs) Rektor IAN IB, Prof Dr HM Atho Mudzhar dari awal sampai perhitungan suara tak ada kendala. Dalam penghitungan suara, Prof Dr H Sirajuddin Zar MA mendapatkan suara terbanyak.

Suara yang diperebutkan sebanyak 39 suara itu dirangkulnya sebanyak 24 suara. Sedangkan calon lain, Dr H Makmur Syarif SH MAg menarik 14 suara dan Prof Dr Yahya Jaya MA hanya mendapatkan 1 suara. Suara yang seharusnya 40 suara itu berkurang 1 suara karena Prof Dr HM Atho Mudzhar tidak mempergunakan hak suaranya.

Ketika ditanya mengenai alasannya tidak memilih dan tugas selanjutnya sebagai Pgs rektor, Atho menjawab, “Saya bukan senat IAIN IB, bukan pula dosen IAIN IB dan saya hanya orang Departemen Agama (Depag) yang ditugaskan ke IAIN IB ini. Jadi, jauh sebelumnya saya sudah memutuskan untuk tidak ikut memilih pada pemilihan ulang ini. Tugas saya selanjutnya, saya akan menyampaikan rekomendasi senat kepada Menteri Agama (Menag), Maftuh Basyumi. Kemudian saya akan berjuang dan membantu proses pelantikan calon rektor terpilih”.

Pada proses sebelumnya, senat telah mengirimkan surat kesediaan untuk dicalonkan menjadi rektor dengan formulir telampir. Surat tersebut diberikan kepada 21 orang anggota senat yang memenuhi syarat untuk mencalonkan sebagai rektor. Dari yang 21 itu, 6 orang mengembalikan formulir sedangkan yang 15 orang lagi tidak mengembalikan. Enam orang tersebut, 3 orang menyatakan diri tidak bersedia untuk dicalonkan dan 3 orang lagi bersedia untuk dicalonkan. Tiga orang yang bersedia dicalonkan itu adalah Dr H Makmmur SH MAg, Prof Dr Yahya Jaya dan Prof Dr H Sirajuddin Zar MA. Hal ini di sampaikan Pgs Rektor IAN IB, Prof Dr HM Atho Mudzhar kepada para insan pers di ruangan panitia pemilihan.

Maka, setelah melengkapi persayaratan administrasi, tiga calon ini dinyatakan oleh panitia dan senat berhak untuk ikut dalam pemilihan ulang. Berkas persyaratan iitu diserahkan panitia kepada Atho sebelum acara pemilihan ulang. Setelah dipelajari dan diperiksa serta dinilai oleh Atho menurut ketentuan dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) No 45 Tahun 2006, persyaratan tersebut lengkap dan sesuai dengan KMA No 45 Tahun 2006 tersebut. Maka 3 orang tersebut berhak untuk mengikuti pemilihan ulang sekarang, tambahnya.

Dengan diraihnya suara terbanyak oleh Prof Dr H Sirajuddin Zar MA, maka senat akan membuat surat rekomendasi kepada Menag. Hal ini sesuai dengan Pasal 11 KMA No 45 Tahun 2006 yang berbunyi : Senat merekomendasikan calon rektor yang mendapatkan suara terbanyak kepada Menag untuk dilanjutkan kepada proses pelantikan menjadi rektor. Surat rekomendasi itu akan berisi tentang telah berhasilnya pemilihan ulang dan calon rektor tepilih dalam pemilihan ulang rektor IAIN IB yang mendapatkan suara terbanyak adalah Prof Dr H Sirajuddin Zar MA. Penyampaian rekomendasi tersebut akan dilakukan dalam waktu paling lambat 15 hari yang akan datang. (nph)

0 comments:

Post a Comment