Menag Lantik Rektor Baru IAIN IB Padang

PADANG- Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni melantik Sirajudin Zar sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol (IB) Padang periode 2007-2011, Kamis (14/6).

Prosesi pelantikan yang dilaksanakan di Aula Rektorat IAIN IB di lubuk Lintah, Padang, Sumatra Barat (Sumbar) tersebut dihadiri Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi, anggota DPD RI Yusran, Bupati dan Wali Kota serta pimpinan perguruan tinggi se-Sumbar.

Acara pelantikan itu sendiri berlangsung tanpa hambatan. Pasahal sebelumnya ada ancaman sekelompok mahasiswa yang ingin menggagalkan pelantikan .

"Rektor IAIN IB yang baru dilantik harus mampu memajukan kualitas sumber daya manusia di lingkungan kampus dan mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan individu dan kelompok," kata Menag.

Proses pemilihan hingga terpilihnya Rektor IAIN IB periode 2007-2011 tersebut melewati jalan berliku dan panjang selam hampir dua tahun. Sebelumnya, pada 29 November 2005, pemilihan Rektor IAIN IB periode 2007-2011 yang diikuti dosen, perwakilan mahasiswa dan karyawan itu dimenangkan Nasrun Haroen yang memperoleh 133 suara.

Ia mengalahkan kandidat lainnya, Maidir Haroen yang mendapatkan 109 suara dan Yahya Jaya yang memperoleh satu suara. Adapun Sirajudin Zar, yang saat itu juga mengikuti pemilihan bersama Hayati Nizar dan Rusdi tidak memperoleh suara.

Senat IAIN IB kemudian menetapkan tiga calon rektor, Nasroen Harun, Maidir Harun dan Yahya Jaya, untuk diusulkan kepada Menteri Agama, namun ketiga calon itu ditolak. Menteri Agama menunjuk Atho’ Mudzahar sebagai pelaksana tugas (Plt) Rektor IAIN IB Padang.

Penunjukkan Plt Rektor IAIN IB itu mendapat tantangan dan demonstrasi dari civitas akademika kampus islami tersebut.

Meski menghadapi banyak rintangan, Plt Rektor IAIN IB Atho’ Mudzahar berhasil mengendalikan keadaan dan menjalankan tugasnya sebagai tampuk pimpinan, diantaranya melaksanakan pemilihan ulang Rektor IAIN IB perode 2007-2011.

IAIN IB kembali menggelar pemilihan rektor baru pada 2 November 2006 yang diikuti tiga kandidat, Makmur Syarif, Sirajuddin Zar, dan Yahya Jaya. Dalam pemilihan ulang yang tidak lagi melibatkan perwakilan mahasiswa tersebut, 40 anggota senat IAIN IB memenangkan Sirajuddin Zar. (AA/OL-06)

0 comments:

Post a Comment