Serambi Mekkah Gandeng IAIN IB

Pd. Panjang, Singgalang
Guna meningkatkan kualitas lulusan dan mempermantap dinamika pembinaan para santri di lingkungan Pesantren Terpadu Serambi Mekkah (PTSM) Padang Panjang, lembaga itu melakukan kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. Pada waktu yang bersamaan, PTSM juga menggelar wisuda para alumninya.
Rektor IAIN IB Prof. Dr. Sirajuddin Zar menyatakan, kerjasama yang dilakukan menjadi langkah maju bagi PTSM untuk mengembangkan kualitas pendidikannya di masa mendatang. “Banyak hal yang bisa dikembangkan setelah penandatanganan naskah kerjasama ini. Kedua lembaga, IAIN dan PTSM, diharap bisa memetik manfaat sebesar-besarnya,” ujar Sirajuddin dalam sambutannya pada penandatanganan naskah kerjasama itu, Minggu (17/5), di Komplek PTSM, Kelurahan Guguak Malintang, Padang Panjang.
Selain Sirajuddin, acara itu juga dihadiri Pendiri PTSM H. Bahar Yusuf Dt. Rajo Bukik, Ketua DPRD Padang Panjang Drs. H. Hamidi Labai Sati, Kabid SLTP/SLTA Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang Drs. H. Herman, MM, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) IAIN IB Drs. Syafrial, M.Ag., pimpinan sekolah dan unit/lembaga lainnya di lingkungan PTSM.
“Kerjasama ini berbentuk pesantren binaan. Lembaga ini adalah pesantren ketiga yang menandatangan naskah kerjasama pembinaan dengan IAIN IB Padang. Programnya mencakup pembinaan sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik, kurikulum kepesantrenan, kegiatan ilmiah dan pembinaan alumni. Ke depan, IAIN IB juga akan membantu PTSM dalam kegiatan ilmiah, termasuk mendatangkan pakar keislaman ke PTSM,” terang Sekretaris PTSM Irwandi, S.S., M.Pd., menjawab Singgalang.
Pemimpin PTSM H. Sehabuddin, S.H., menyatakan kerjasama PTSM dengan IAIN IB dinilai sangat strategis, terutama bila dikaitkan dengan akan rampungnya pembangunan Gedung Convention Center (GCC). Gedung itu, terangnya, bisa menampung banyak kegiatan ilmiah dan pelatihan, baik bertaraf nasional maupun internasional.
Dijelaskan, PTSM Padang Panjang menjadikan Ekonomi Islam sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal, sementara IAIN IB menjadikan studi ini sebagai salah satu keunggulannya.
Pada kesempatan penandatanganan kerjasama itu, PTSM juga menggelar wisuda bagi santri Kelas VI (kelas III SMA/MA), sekaligus penyerahan ijazah pesantren untuk santri tingkat SMP (wustho). Khusus untuk Kelas VI, sebelum diwisuda dan memenuhi persyaratan menamatkan pendidikan sebagaimana umumnya, mereka juga diharuskan menyusun karya tulis ilmiah. o(006)

0 comments:

Post a Comment