IAIN Imam Bonjol Padang Terima 1.600 Mahasiswa Baru

PadangKini.com

PADANG--IAIN Imam Bonjol Padang kembali menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2009/2010. Penerimaan ini untuk semua jurusan yang berjumlah 27 jurusan pada lima fakultas, Baik S.1, D.3 dan D.2.

IAIN Imam Bonjol Padang menargetkan 1.600 mahasiswa baru yang akan menempati jurusan-jurusan tersebut. Jumlah ini berkaitan dengan daya tampung IAIN saat ini.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang juga Purek Bidang Akademik IAIN Imam Bonjol Padang, Profesor Syafruddin Nurdin menyatakan, pada prinsipnya peminat IAIN membludak dari tahun-ke tahun. Tetapi mengingat daya tampung yang terbatas, hanya ditargetkan menerima 1.600 calon mahasiswa.

"Oleh sebab itu, kita akan mencoba melakukan penjaringan yang ketat supaya input mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang tahun ini meningkat," katanya seperti dikutip rilis pers Humas IAIN Imam Bonjol.

Soal jadwal PMB itu sendiri, Suardi Sikumbang Kasubag Humas IAIN Imam Bonjol Padang menyatakan proses seleksi sudah dimulai beberapa bulan yang lalu melalui jalur Penelusuran Minat, dan Kemampuan (PMDK). "Paling tidak, sekitar 30 persen mahasiswa baru angkatan 2009/2010 nanti diisi oleh mahasiswa yang berasal dari jalur PMDK," katanya.

Sementara itu, kabar baik menghampiri calon mahasiswa yang punya kemampuan bahasa asing (ARAB-Inggris) dan pengetahuan agama yang baik. IAIN Imam Bonjol Padang akan menyeleksi mahasiswa Program Khusus Kelas Internasional Ilmu Ushuluddin. Kelas khusus ini menerapkan pembelajaran multilingual (banyak) bahasa dalam pengantar kuliah.

Istimewanya, bagi mahasiswa yang lulus program khusus akan menikmati beasiswa sampai tamat (kuliah gratis) dan disediakan asrama khusus. Program khusus ini bertujuan menciptakan calon intelektual muslim dan ulama yang mempunyai kualifikasi ahlai dalam bidang tafsir dan ilmu hadits. (*)

0 comments:

Post a Comment