IAIN Padang Bangun Perpustakaan Internasional

Padang, beritabaru.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan membangun perpustakaan bertaraf internasional yang diperkirakan menelan biaya hingga Rp 65 miliar. Pembangunan perpustakaan itu tindak lanjut dari kunjungan Rektor dan Direktur Pascasarjana IAIN dan gubernur Sumbar ke Arab Saudi.

"Proposal permintaan bantuan dana untuk membangun perpustakaan empat tingkat itu sudah dikirimkan kepada pemerintah Arab Saudi. Kami sudah mendapat tanggapan positif, namun masih ada beberapa syarat yang harus dilengkapi," kata Rektor IAIN Imam Bonjol Prof Sirajuddin Zar di Lubuk Lintah Padang, Sabtu.

Rektor mejelaskan pemerintah Arab Saudi telah mengirimkan sejumlah buku, sebagai bukti bahwa negara tersebut bersedia membantu pembangunan perpustakaan bertaraf internasional itu.
Pihaknya berharap izin dan sejumlah persyaratan lain segera selesai.

"Gedung perpustakaan itu akan dibangun di dekat masjid depan rektorat Kampus IAIN Lubuk Lintah Padang," jelasnya.

Sirajuddin mengatakan IAIN Imam Bonjol Padang juga tengah membangun asrama untuk mahasiswa putra dan putri yang dana dasarnya sebesar Rp1 miliar bersumber dari bantuan pemerintah pusat. Mulai Maret 2009 sedikitnya 50 calon mahasiswa dari Malaysia akan kuliah di IAIN. Hal itu menuntut peningkatan kualitas sarana prasarana dan tenaga dosen.

Untuk itu, tambahnya, pihaknya sudah menjajaki untuk menjalin kerja sama dengan Iran dalam bentuk pemagangan dosen IAIN. "Alhamdullilah IAIN Imam Bonjol Padang telah menjadi Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan (LPTK) Guru. Kini tengah melakukan pembenahan mengarah menjadi Lembaga Penyelenggara Tenaga Kependidikan (LPTK) Dosen," kata Dosen Filsafat itu. (*).

0 comments:

Post a Comment